Pitutur Luhur dalam Serat Wedhatama Pupuh Gambuh

Lentera

                Serat Wedhatama adalah sastra tembang atau kidungan jawa karya Mangkunegara IV. Wedhatama (berasal dalam bahasa jawa; Wredhatama) yang berarti serat (tulisan/karya) wedha (Ajaran) tama (keutamaan/utama) Wedhatama merupakan ajaran  luhur untuk membangun  budi pekerti dan spiritual bagi kalangan raja-raja Mataram, tetapi diajarkan pula bagi siapapun yang berkendak menghayatinya. Wedhatama menjadi salah satu dasar penghayatan bagi siapa saja yang ingin “laku” spiritual dan bersifat universal lintas kepercayaan atau agama apapun. Ajaran dalam Wedhatama bukan lah dogma agama yang erat dengan iming-iming surga dan ancaman neraka, melainkan suara hati nurani, yang menjadi “jalan setapak” bagi siapapun yang ingin menggapai kehidupan dengan tingkat spiritual yang tinggi. Mudah diikuti dan dipelajari oleh siapapun, diajarkan dan dituntut step by step secara rinci. Puncak dari “laku” spiritual yangdiajarkan serat Wedhatama adalah menemukan kehidupan yang sejati, memahami diri sendiri, manunggaling  kawula-Gusti.

                Serat Wedhatama merupakan karya sastra jawa baru yang mengandung muatan moral didaktis. Bentuk serat wedhatama adalah tembang macapat yang terdiri dari 100 pupuh (bait). Terbagi dalam lima lagu. Pangkur 14 pupuh, Sinom 18 pupuh, Pocung 15 pupuh, Gambuh 35 pupuh, dan Kinanthi 18 pupuh. Untuk kesempatan kali ini, penulis akan membahas mengenai serat wedhatama pupuh gambuh.

      Pupuh gambuh terdiri dari 35 pada (bait). Dalam Pupuh Gambuh mengajarkan untuk mengungkapkan limpahan anugerah Tuhan YME harus ditebus dengan penghayatan mutlak, didasarkan pada kesucian batin, menjauhkan diri dari watak angkara murka (sifat egois yang berlebih-lebihan), serta ketekunan melakukan sembahyang.

      Pupuh gambuh dalam serat wedhatama mengajarkan tentang sembah-sembah menurut KGPAA Mangkunegara IV. Setelah perjalanan dari pengantar ilmu yang sejati, dilanjutkan dalam perjalanan mencari guru lalu menjalani laku yang utama demi mengamalkan ilmu tersebut, sekarang sampai kepada hakikat mencari ilmu. Penjelasan mengenai catur sembah sebagai berikut:

  • Sembah Raga

Sembah raga ialah menyembah Tuhan dengan mengutamakan gerak laku badaniah atau amal perbuatan yang bersifat lairiah. Cara bersucinya sama dengan sembahyang biasa, yaitu dengan mempergunakan air (wudhu). Sembah yang demikian biasa dikerjakan lima kali sehari semalam dengan mengindahkan pedoman secara tepat, tekun dan terus menerus, seperti bait berikut:

“Sembah raga puniku / pakartining wong amagang laku / sesucine asarana saking warih / kang wus lumrah limang wektu / wantu wataking wawaton”

              Isi dari bait di atas adalah Kehidupan bertapa (sembah raga puniku, pakartining wong amagan laku). Sembah ini didahului dengan bersuci dengan menggunakan air (sesucine asarana saking warih). Yang berlaku umum sembah raga ditunaikan sehari semalam lima kali (kang wus lumrah limang wektu). Sembah lima waktu merupakan shalat fardhu yang wajib ditunaikan (setiap muslim) dengan memenuhi segala syarat dan rukunnya (wantu wataking wawaton). Sembah raga yang demikian ini wajib ditunaikan terus-menerus tiada henti (wantu) seumur hidup. Dengan keharusan memenuhi segala ketentuan syarat dan rukun yang wajib dipedomani. Tanpa mempedomani syarat dan rukun, maka sembah itu tidak sah.

  • Sembah Cipta (Kalbu)

Sembah ini kadang kadang disebut sembah cipta dan kadang-kadang disebut sembah kalbu, seperti terungkap pada Pupuh Gambuh bait 1 terdahulu dan Pupuh Gambuh bait 11 berikut:

Samengko sembah kalbu/ yen lumintu uga dadi laku/ laku agung kang kagungan narapati/ patitis teteking kawruh/ meruhi marang kang momong

Isi tembang tersebut adalah apabila sembah raga menekankan penggunaan air untuk membasuh segala kotoran dan najis lahirlah, maka sembah kalbu menekankan pengekangan hawa nafsu yang dapat mengakibatkan terjadinya bebagai pelanggaran dan dosa (sucine tanpa banyu, amung nyuyuda hardaning kalbu).

Thaharah (bersuci) itu, demikian kata Al-Ghazali, ada empat tingkat. Pertama, membersihkan hadast dan najis yang bersifat lahiriah. Kedua, membersihkan anggota badan dari berbagai pelanggaran dan dosa. Ketiga, membersihkan hati dari dari akhlak yang tercela dan budi pekerti yang hina. Keempat, membersihkan hati nurani dari apa yang selain Allah.

Thaharah yang ketiga dan keempat tidak memnggunakan air, tetapi dengan membersihkan hati dari budi jahat danmengosongkan hati dari apa saja yang selain Allah.

  • Sembah Jiwa

Sembah jiwa adalah sembah kepada Hyang Sukma (Allah) dengan mengutamakan peran jiwa. Jika sembah cipta (kalbu) mengutamakan peran kalbu, maka sembah jiwa lebih halus dan mendalam dengan menggunakan jiwa atau al-ruh. Sembah ini hendaknya diresapi secara menyeluruh tanpa henti setiap hari dan dilaksanakan dengan tekun secara terus-menerus, seperti terlihat pada bait berikut:

Samengko kang tinutur/ Sembah katri kang sayekti katur/ Mring Hyang Sukma suksmanen saari-ari/ Arahen dipun kecakup/ Sembahing jiwa sutengong

Dalam rangkaian ajaran sembah Mangkunegara IV yang telah disebut terdahulu, sembah jiwa ini menempati kedudukan yang sangat penting. Ia disebut pepuntoning laku (pokok tujuan atau akhir perjalanan suluk). Inilah akhir perjalanan hidup batiniah. Cara bersucinya tidak seperti pada sembah raga dengan air wudhu atau mandi, tidak pula seperti pada sembah kalbu dengan menundukkan hawa nafsu, tetapi dengan awas emut (selalu waspada dan ingat/dzikir kepada keadaan alam baka/langgeng), alam Illahi. Betapa penting dan mendalamnya sembah jiwa ini, tampak dengan jelas pada bait berikut:

Sayekti luwih perlu/ ingaranan pepuntoning laku/ kalakuan kang tumrap bangsaning batin/ Sucine lan awas emut/ Mring alaming alam amot

Pelaksanaan sembah jiwa ialah dengan berniat teguh didalam hati untuk mengemaskan aspek jiwa, lalu diikatnya kuat-kuat untuk diarahkan tujuan yang hendak dicapai tanpa melepaskan apa yang telah dipegang pada saat itu. Dengan demikian triloka (alam semesta) tergulung menjadi satu. Begitu pula jagad besar dan jagad kecil digulungkan disatupadukan. Di situlah terlihat alam yang bersinar gemerlapan. Maka untuk menghadapi keadaan  yang mengagumkan itu, hendaklah perasaan hati dipertebal dan diperteguh jangan terpengaruh apa yang terjadi. Hal yang demikian itu dijelaskan Mangkunegara IV pada bait berikut:

Ruktine ngangkah ngukud/ ngiket ngruket triloka kakukud / jagad agung ginulung lan jagad alit / den kandel kumandel kulup / mring kelaping alam kono

  • Sembah Rasa

Sembah rasa ini berlainan dengan sembah-sembah yang sebelumnya. Ia didasarkan kepada rasa cemas. Sembah yang keempat ini ialah sembah yang dihayati dengan merasakan inti sari kehidupan makhluk semesta alam, demikian menurut Mangkunegara IV.

Jika sembah kalbu mengandung arti menyembah Tuhan dengan alat batin kalbu atau hati seperti disebutkan sebelumnya, sembah jiwa berarti menyembah tuhan dengan alat batin jiwa atau ruh, maka sembah rasa berarti menyembah Tuhan dengan menggunakan alat batin inti ruh. Alat batin yang belakangan ini adalah alat batin yang paling dalam dan paling halus yang menurut Mangkunegara IV disebut telenging kalbu (lubuk hati yang paling dalam) atau disebut wosing jiwangga (inti ruh yang paling halus).

Apabila sembah jiwa dipandang sebagai sembah pada proses pencapaian tujuan akhir perjalanan suluk itu, melainkan sembah yang dilakukan di tempat tujuan akhir suluk. Dengan kata lain, seorang salik telah tiba di tempat yang dituju. Dan di sinilah akhir perjalanan suluknya. Untuk sampai di sini, seorang salik masih tetap dibimbing gurunya seperti telah disebut di muka. Setelah ia diantarkan sampai selamat oleh gurunya untuk memasuki pintu gerbang, tempat sembah yang keempat, maka selanjutnya ia harus mandiri melakukan sembah rasa.

        Isi Ajaran Serat Wedhatama

                   Serat wedhatama menekankan pentingnya pendidikan bagi setiap orang. Sebagaimana ajaran-ajaran dalam kultur Jawa, termasuk dalam Serat Wulang Reh, pendidikan yang dimaksud lebih menekankan pada pengembangan hati, rasa, emosionalitas, atau bahkan spiritualitas. Hal itu terungkap pada pesan agar: mempertajam perasaan (angulah lantiping ati), menyingkirkan hawa nafsu agar menjadi manusia yang berbudi luhur (bengkas kahardaning driya, supaya dadya utami), dan jangan menjadi orang yang lemah budinya dan tumpul perasaannya (tan mikani rasa). Serat Wedhatama memberi pujian pada orang yang terpesona pada kehidupan nurani (wus  sengsem reh ngasamun), yang sifatnya pemaaf dan sabar. Sebagaimana ajaran Serat Wulang Reh, pengembangan hati, rasa, emosionalitas, atau bahkan spiritualitas itu akan menghasilkan ‘ilmu sejati’, yang membuat nyaman dihati. Orang yang telah memiliki ilmu ini akan menerima dengan senang hatu jika dianggap bodoh (bungah ingaran cubluk) dan tetap gembira jika dihina (sukeng tyas yen den ina).

           Namun demikian, Serat wedhatama juga menekankan pentingnya pengembangan akal, pikiran, rasionalitas, atau intelektualitas. Hal itu terungkap pada pesan agar: jangan sampai hidup yang sekali ini berantakan (uripe sepisan rusak), yaitu orang yang pikirannya tidak berkembang dan kacau (nora mulur nalare pating seluwir), ibarat dalam gua yang gelap (kadi ta guwa kang sirung), sehingga picik pengetahuannya. Pandangan bahwa ilmu itu harus sejalan dengan pendapat akal sehat (nalar, logika) (ngelmu iku mupakate lan panemu).

         Tentang etos belajar (menurut ilmu), terutama “ilmu sejati” yaitu dengan samadi ditempat yang sunyi (pangasahe sepi samun) atau dengan bertapa (pasahe lan tapa). Dalam sunyi, hati yang jahat dapat ditenggelamkan oleh cinta kasih (karana karoban ing sih) oleh karena itu,pencapaian ilmu itu harus dijalani dengan suatu proses (ngelmu itu kelakone kanthi laku) dan dimulai dengan kemauan kuat (lekasse klawan kas). Syarat untuk menjalani ilmu sejati (lakune ngelmu sejati) adalah tidak iri dan dengki (tan dahwen pati openan), tidak berhati panas (tan panasten), tidak mengganggu orang lain (nora jail), tidak melampiaskan hawa nafsu (tan njurung ing kaharden), tetapi lebih menyukai diam agar tenang (among eneng amrih ening). Untuk itu dianjurkan agar berguru pada orang bijak yang berjiwa bertapa (sarjana kang martapi) orang hendaknya tidak menggunakan pengetahuannya semata-mata hanya untuk mencari nafkah dan pamrih (kawruhe kinarya ngupaya kasil lan melik).

      Serat wedhatama mengajarkan tiga nilai yang mengangkat kedudukan manusia, yaitu pangkat, harta, dan kepintaran (wirya harta tri winasis). Jika seseorang tidak memiliki satu pun diantara ketiganya, maka tidak ada artinya sebagai manusia, bahkan lebih berharga daun jati kering, sehingga ia menjadi peminta-minta atau gelandangan (kalamun kongsi sepi saka wilangan tetelu, telas tilasing janma, aji godhong jati aking, temah papa papariman, ngulandara).

      Serat wedhatama mengajarkan agar dalam hidupnya, orang berbekal ingat dan waspada (eling lan waspada; awas lan eling). Ingat yang dimaksud adalah ingat pada petunjuk atau pelajaran yang diberikakn oleh alam (eling lukitaning alam). Adapun maksud waspada adalah mengetahui penghalang  dalam hidup (wruh warananing urip), tidak lengah dalam hati (aywa sembrana ing kalbu) dan memperhatikan pada kata-kata yang diucapkan sendiri, menghilangkan keraguan dalam hati, dan waspada dalam memandang sesuatu (waspada ing pangeksi). Orang jangan sampai diibaratkan “berobat sesudah terluka” (atetamba yen wus bucik). Yang demikian itu, meskipun orang mempunyai pengetahuan, tetapi tidak ada gunanya.

Serat wedhatama mengajarkan agar orang menghindari sifat-sifat angkara dan perbuatan nista (aywa mematuh nalutuh). Sifat angkara itu suka mencaci maki tanpa isi, asalkan mara-marah (kareme anguwus-uwus, uwose tan ana mung janjine muring-muring) dan kemarahannya dilampiaskan untuk memukul orang lain.

Serat wedhatama berisi ajaran utama orang jawa yang bila dipahami isinya akan sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari. Serat wedhatama sangatlah cocok dan patut untuk diajarkan serta dipahami isinya. Implementasi ajaran serat wedhatama pupuh gambuh perlu dibiasakan.

Oleh karena itu, SMA Negeri 10 Pun berusaha mengamalkan ajaran ini, dengan pembiasaan Sholat berjamaah, jumfaqoh (jumat infak dan sodaqoh), tadarus dan literasi, penanaman kejujuran dengan kantin kejujuran, dan lain-lain. Semoga piwulang serat ini bisa terus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber: https://id.scribd.com/document/460562416/Serat-Wedhatama-Pupuh-Gambuh

Penulis: Diva Yuniar Widiasih kelas XI IPS 1

Renitasari kelas XI IPS 1

Penyunting : Tim Redaktur

Next Post

Vaksinasi Menurut Agama

Banyak orang yang menginginkan pandemi Virus Covid-19 cepat berakhir. Kita semua ingin bebas dari semua ini. Apalagi sudah mendekati bulan suci ramadhan. Semua umat muslim dipenjuru dunia ingin menjalankan ibadah puasa dengan suasana yang menyenangkan. Tahun lalu puasa sudah dilaksanakan berdampingan dengan Virus Covid-19 dan tahun ini pun sama seperti […]